SPT Nihil Segera Disisir   Leave a comment

Direktorat Jenderal Pajak akan menyisir surat pemberitahuan (SPT) tahunan PPh orang pribadi yang nilainya nihil.Direktur Jenderal Pajak Mochamad Tjiptardjo mengatakan penyisiran dilakukan karena selama ini disinyalir banyak wajib pajak (WP) orang pribadi yang tidak melaporkan penghasilannya di luar gaji dalam SPT yang dilaporkan. “Kalau SPT ada nihil atau bahkan nggak masukin SPT, tak kejar itu, sampai ke neraka sekalipun tak kejar,” .tegasnya saat ditemui di kantornya, akhir pekan lalu.

Dia menuturkan penyisiran SPT nihil akan dilakukan dengan cara mengoptimalkan database yang dimiliki Ditjen Pajak melalui program optimalisasi pemanfaatan data perpajakan. “Saya nanti akan optimalkan database yang ada di pajak.”

Bahkan Tjiptardjo mengungkapkan pihaknya saat ini tengah mengincar kepatuhan pajak dari bos PT Ma-saro Anggoro Wijaya karena yang bersangkutan tidak menyampaikan SPT PPh tahun pajak 2008.

“Misalnya sekarang ada tokoh top yang dicari-cari KPK [Komisi Pemberantasan Korupsi] berkaitan dengan Masaro. Saya nggak mau bilang siapa orangnya tapi inisialnya AW. Itu lagi dikejar pajak untuk penyidikan. Dia nggak masukin SPT 2008 sampai sekarang.”

Selain tidak menyampaikan SPT. lanjutnya, pembayaran pajak yang dilakukan Anggoro selama ini dinilai tidak wajar karena jumlahnya yang terbilang kecil atau tidak sebanding dengan jumlah penghasilan yang diperoleh.

“Kalau ditemukan bukti lada pelanggaran] langsung penyidikan. Dia pasti orang kaya. Dia kabur nggak jadi soal, in absentia tetap disidangkan. Jadi no way, nggak ada maaf,” tegasnya.

Menurut dia, Ditjen- Pajak kali ini tidak akan main-main untuk menindak tegas WP orang pribadi terutama WP kaya yang mempunyai tunggakan pajak, termasuk pejabat negara sekalipun.

Sumber : Bisnis Indonesia

Posted 01/11/2009 by Ferry in Berita Pajak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: