Pajak untuk Pembayaran Biaya Lisensi ke Singapore (Aug 30, 2005)   Leave a comment

Pak, perusahaan tempat saya bekerja adalah salah satu cabang dari perusahaan di Singapore, dimana produk yang berasal dari Singapore kita kembangkan di Jakarta. Perusahaan ini menggunakan lisensi dari Singapore dan pembayaran biaya lisensi ke Singapore adalah sebesar 25% dari total penghasilan yang diterima perusahaan (Indonesia).Yang saya mau tanyakan adalah perjanjian kerjasama antara Indonesia dan Singapore apakah dikenakan pajak untuk pembayaran biaya lisensi ke Singapore? Jika dikenakan pajak, berapa persen pajak yang mesti dibayar? Terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya.

Nama : Lifita

Jawaban

Sdri.Lifita, menurut ketentuan akuntansi, pembebanan royalty dari kantor pusat ke kantor cabangnya akan mengalami proses eliminasi dengan penghasilan kantor pusat atas pembebanan lisensi kepada kantor cabangnya, pada waktu dilakukan penggabungan laporan keuangan kantor pusat dengan cabangnya sehingga pada dasarnya tidak ada biaya lisensi bagi cabang dan juga tidak ada penghasilan lisensi bagi kantor pusat. Perlakuan perpajakan atas lisensi kantor pusat dengan cabangnya mengikuti aturan yang ada di akuntansi komersial.

Dengan demikian, tidak ada PPh terhutang yang harus dipotong oleh cabang atas pembebanan lisensi tersebut, berdasarkan ketentuan tax treaty Indonesia – Singapore karena yang diatur dalam tax treaty adalah dalam hal pemberi dan penerima merupakan dua badan hukum yang terpisah dan berdiri sendiri (separated entity).

Akan tetapi, dalam hal status perusahaan tempat Sdr bekerja dalah anak perusahaan dari perusahaan induk yang ada di Singapura maka atas pembayaran royalty dari anak perusahaan di Indonesia kepada perusahaan induk di Singapura terutang PPh Pasal 26 sebesar 15% (Cfm article 12 tax treaty antara Indonesia – Singapura, tax treaty tersebut dapat Sdr baca selengkapnya di http://www.kanwilpajakwpbesar.go.id/data/taxtreaty/Singapore.doc)

http://www.pbtaxand.com/consultations/702-pajak-untuk-pembayaran-biaya-lisensi-ke-singapore-aug-30-2005#sthash.Sk4HChyT.dpuf

Posted 23/05/2013 by Ferry in Artikel

Tagged with , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: